Wednesday, April 24, 2013

F1 GP Bahrain 2013, Same Podiums as Last Year


Hari minggu kemarin, F1 GP Bahrain berlangsung di Sirkuit Sakhir. Pole position dipegang oleh Nico Rosberg dari Mercedes, Vettel di posisi 2, dan Alonso di melengkapi grid terdepan di posisi 3. Kualifikasi berjalan seperti biasa dan minim drama, nggak seperti balapan di Shanghai kemarin. Hasil kualifikasi, ROS, VET, ALO, HAM*, WEB*, MAS, DIR, SUT, RAI, BUT, GRO. Hamilton kena penalti 5 grid karena ganti gearbox, dan Webber penalti 3 grid karena insiden di GP Shanghai kemarin.

Race start. Rosberg berhasil mempertahankan posisi 1, diikuti Alonso dan Vettel. Masih di lap pertama Vettel berhasil menyalip Alonso, dan cukup lama tertahan di belakang Rosberg sampai akhirnya merebut posisi pertama dari Rosberg di lap ketiga. Urutan di belakangnya? Aku nggak inget ;p. Yang jelas setelah Vettel ada di posisi pertama, ia seolah tak terkejar. Alonso yang biasanya jadi pesaing terberat Vettel harus menghadapi masalah DRS di mobilnya. Baru lap ke 7, Alonso sudah harus masuk pit untuk memperbaiki DRSnya, dan masuk pit lagi di lap berikutnya. Jelas Alonso jadi kehilangan banyak waktu dan kembali ke balapan di urutan belasan. Apalagi ternyata masalah DRSnya tidak teratasi, jadilah sepajang sisa balapan Alonso nggak bisa pakai DRS lagi. Dan Ferrari tampaknya lagi agak sial minggu kemarin, kalo Alonso punya masalah dengan DRS, Massa punya masalah dengan ban atau tire puncture. Apa yo tanggapan Alonso soal ini? Ia menganggap kerusakan DRS membuat balapan serba sulit, tapi ia yakin kesialan juga akan menimpa pembalap lain dan ia siap untuk memanfaatkan kesempatan saat itu terjadi. Yaelah broo, negatif amat harapannya (--,)  

Kembali ke Vettel yang memimpin balapan, jadi sejak ada di posisi terdepan di lap 3, Vettel bisa terus menambah jarak dengan pembalap lain di belakangnya dan terus ada di posisi pertama sampai menyentuh garis finish. Ini keren, mengingat balapan sebelum-sebelumnya, posisi-posisi depan pasti berubah-ubah tergantung siapa yang masuk pit duluan dan belakangan.  Lah ini, meskipun Vettel masuk pit, tetep aja dia keluar lagi di posisi pertama.

Lalu apakah ada drama di barisan-barisan belakang Vettel? Ada. Button yang salip-salipan sama teman setimnya sendiri, Perez sampe mobilnya senggolan. Button menganggap Perez terlalu agresif, tapi cerita after racenya nggak serame Vettel-Webber pas di Sepang bulan kemaren, nggak seru ah.
Hasil 10 besar GP Bahrain 2013, VET, RAI, GRO, DIR, HAM, PER, WEB, ALO, ROS, BUT. Yang menarik dari hasil GP Bahrain tahun ini itu posisi podium PERSIS sama dengan tahun kemarin. Tahun kemaren Vettel di posisi 1, Raikkonen di posisi 2, dan Grosjean di posisi 3, haha, kok bisa ya? Dan lucunya lagi, Kaltim Post sampe memuat hasil balapan tahun kemaren di berita hari Senin, 22 April 2013. Pas baca aku langsung ngerasa kalo beritanya aneh soalnya masih ada nama Schumacher, dan nyebut Hamilton yang satu tim dengan Button, jiaah, positif ngaco ini! Parah banget, kalo berita yang mirip banget sama detik sih aku masih sedikit maklum, tapi ini......

Btw, Raikkonen podium dua lagi. Dan Grosjean yang nggak crash, di posisi tiga. Padahal posisi start mereka nggak terlalu bagus lho, Raikkonen dari posisi 9, Grosjean posisi 11. Salah satu kelebihan Lotus ada di tire management, mereka bagus dalam menghemat ban, jadi kalo sebagian besar pembalap perlu 3 kali pitstop dalam 1 balapan, mereka cukup 2 kali. Makanya Raikkonen konsisten ada di posisi depan. Oke lah Raikkonen ini, dan rumornya Raikkonen tahun depan bisa masuk ke Red Bull nggantiin Webber. Tapi rumor tetaplah rumor, apalagi kayaknya Lotus nggak akan semudah itu ngelepas Kimi. But, deep in my heart, aku mengharapkan Vettel sama Kimi satu tim, pasti keren! Hohoo.

Posisi klasemen pembalap dengan perolehan tertinggi saat ini masih dipegang Vettel dengan 77 poin, secara dia udah menang 2 dari 4 balapan yang udah berlangsung. Semoga race-race selanjutnya juga Vettel podium terus. Amiiiin..

Ah yaa, race F1 sama motogp sebenernya barengan. Tapi berhubung motogp racenya di Austin, yang perbedaan waktunya jauh banget sama WITA dan baru tayang jam 3 pagi, jadilah aku nggak nonton. Apalagi masih teler baru pulang liburan, mau nggak mau lah merelakan nggak liat aksi Pedrosa kali ini. Sebenernya sih lebih ke dari awal aku udah memprediksi kalo Marquez yang bakalan berjaya di Austin, makanya nggak begitu tertarik nonton. Eeh, beneran kan Marquez yang menang, Pedrosa ada di podium dua, dan Lorenzo yang di podium tiga. Kalo di Qatar kemaren Yamaha yang berkuasa, kali ini giliran Honda. Tapi aku masih menunggu waktunya Pedrosa yang ada di podium puncak. Semoga next race. Semangat Daniiii, jangan mau kalah sama Marquez!

No comments:

Post a Comment