Saturday, May 25, 2013

5 Days Escaping to Singapore - Kuala Lumpur #4


Hari keempat liburan, atau hari terakhir liburanku di Singapura, huhuu, kayaknya aku mulai betah di kota ini. Kota yang super duper teratur, bersih, dan memanjakan pejalan kaki, meskipun sama sekali tidak memanjakan kaki *pijit-pijit kaki yang gempor*.

Karena hari ini kita harus check out hostel jam 11 pagi, jadi agenda pagi ini cuma siap-siap packing. Untungnyaa barang-barangnya muat masuk semua, meskipun berat ranselnya jadi 2x lipat semula, padahal nggak beli apa-apa lho. Dari awal emang nggak niat beli apa-apa sih, cuma coklat sama bolpen aja buat oleh-oleh. Kepengen sesuatu pun nggak bakal kebeli, uangnya aja habis, hahaa. Jadi, dengan bangga aku umumkan kalo pagi ini dolar Singapurku tinggal recehan yang buat beli air mineral aja nggak cukup, eh, itu menyedihkan ya?

Nggak sesedih itu juga sih, aku masih punya deposit hostel $10 buat beli makan siang, sama deposit STP $10 buat beli makan malam. Lumayan kan? :p

Kelar packing dan sarapan, kita jalan-jalan dulu lagi ke sekitar hostel. Kita ke kampong Glam sama masjid Sultan lagi. Langit hari ini super cerah, birunya bikin naksir banget. Nana asik nongkrong sambil nyeketsa. Aku yang ogah bengong nungguin jalan-jalan di sekitar situ, kembali mengamati sekitar.

Langit biru di atas Kampong Glam dan Masjid  Sultan
Cuma sebentar duduk-duduk depan masjid Sultan, aku balik duluan ke hostel. Nana ngelarin nyeketsa dulu baru nyusul. Jam 11 tepat, kita check out dari hostel dan uang $10ku kembali, yaay! Ransel kita titip dulu di hostel, ntar malem baru diambil lagi. Sebelum cabut, mari foto-foto dulu di depan hostel.


Jadi, mau kemana kita hari ini? Menurut rencana kita mau ke Clarke Quay terus menyusuri Singapore River sampai ke Merlion, baru ke daerah Marina Bay terus sore ke Gardens by the bay. Dari hostel kita pergi naik bis sampai ke Clarke Quay. Clarke Quay berlokasi persis di sisi Singapore River. Clarke Quay dipenuhi gedung-gedung dengan desain antik dan berwarna warni. Clarke Quay ini tempat nongkrong yang enak banget agaknya, tapi karena kita sampe sana siang jadi masih sepi. Clarke Quay mulai rame dari sore sampai malam, kita bisa makan di restoran yang persis ada di pinggir Singapore River atau di area dalam ada banyak pub dan bar, area ini bukan untuk budget traveler tapi ya, soalnya makanannya mahal-mahal.
Kalo mau keliling Singapore River naik boat bisa ni dari sini, biayanya $18 untuk dewasa. Tapi karena keliling sungai naik boat sudah nggak asing di Indonesia, kita mah nggak naik, lagian juga nggak ada duitnya sih, hahaa. Kalo suka dengan sesuatu yang menguji adrenalin bisa coba naik reverse bungee.

Meja bar di Clarke Quay ini unyu

Clarke Quay dan gedung warna warninya
Langit super cerah di atas Clarke Quay. Nana siap dengan senjatanya dan mulai nyeketsa, dan aku asik foto-foto narsis. Puas liat-liat Clarke Quay yang berwarna warni memanjakan mata, kita lanjut jalan menyusuri Singapore River ke arah Merlion Statue. Dimanakah Merlion Statue? Entahlah, katanya bisa ditempuh jalan kaki, jadi kita jalan aja menyusuri sungai. Kalau ini sore dan bukan tengah hari bolong yang terik, menyusuri Singapore River mungkin akan lebih menyenangkan. Yang mengagumkan dari Singapore adalah, kota ini terkonsep dan bertujuan memanjakan siapapun yang ada di sana. Di pinggir sungai banyak sekali bangku untuk sekedar duduk-duduk memandangi sungai. Sebenernya Singapore River ini nggak bagus-bagus amat, lha wong airnya juga coklat kayak sungai Mahakam. Yang membedakan adalah Singapore River itu bersih dan bisa jadi objek wisata yang menarik, buktinya daritadi Singapore Cruisenya mondar mandir terus. Menikmati sore di pinggir sungai sepertinya juga menyenangkan. Tapi masalahnya ini masih siang, dan matahari tepat di ubun-ubun, dan Nana memutuskan untuk nyeketsa lagi. Yak, sebenernya aku nggak masalah Nana mau nyeketsa dimana dan berapa lama juga, tapi energiku kayak disedot saking panasnya, jadi aku nunggu sambil ngemil dan (tetep) foto-foto.

Menyusuri Singapore River
Keliling Singapore River naik boat, anyone?
Kelar Nana nyeketsa, kita lanjut jalan lagi. FYI, menyusuri Singapore River itu jauuh cuy, tapi berhubung hari terakhir biar deh dipuas-puasin gempornya *lah*. Sampe di Cavanagh Bridge yang ada di dekat Fullerton Hotel kita nyebrang ke sisi lain sungai, mau cari tempat makan sama mau sholat sekalian. Kita makan burger di McD, dan karena aku makannya lama, Nana pergi sholat dulu ke mesjid yang ada persis di sebrang McD. Di masjid ada tap water ternyata, lumayaan buat refill botol minumku yang hampir kosong.
Oke, setelah perut terisi dan sudah sholat juga, mari melanjutkan perjalanan ke Merlion Statue. Apa udah tau jalannya? Beluum! Jadi jalan aja ngikut feeling, ngikutin orang pada lewat mana, lumayan jauh tapi untunglah sampai juga di trademarknya Singapura, Merlion Statue!

Sudah sah ke Singapura!
Beginilah kolong jembatan di Singapura
Beuuh, sampe sana agak shock dikit ternyata banyaaak banget orang yang foto depan patung Merlion, rame. Cuma foto-foto bentar, istirahat sambil ngadem di kolong jembatan, terus kita nyebrang ke Esplanade. Di Esplanade juga nggak masuk, kita nongkrong lagi dong sambil memandangi Marina Bay Sands dan Merlion Statue dari keajauhan. Karena sudah sorean, acara nongkrong pun jadi lebih enak. Nana lanjut nyeketsa lagi, hari ini agenda kita paling santai jadi Nana bisa puas-puasin nyeketsa, kemaren2 kita udah keburu gempor jadi niat Nana untuk nyeketsa pun terlupakan. Sementara aku mengamati sekitar, yakinlah, mengamati sekitar itu menyenangkan. Ada anak kecil bule duduk di stroller sambil asik makan muffin *minta dong dek?*, sedangkan orang tuanya sibuk ambil gambar, si ibu berpose dengan arahan si ayah. Ada rombongan wisatawan yang sibuk dengan foto grup dan berusaha ambil foto dengan angle terbaik dengan Merlion Statue di kejauhan. Ada pasangan India yang asik dengan bekalnya. Ada yang asik dengan es krim tangkupnya. Ada yang berfoto lagi. Sebelah sana juga ada yang foto lagi. Yah, pemandangannya emang oke punya sih. Duduk-duduk di bawah pohon, angin sepoi-sepoi, tidur siang sekalian kayaknya enak nih? Hoho..

Nana serius nyeketsa, jangan diganggu! :p

Si ibu berpose aneh atas arahan si ayah
Anaknya sibuk ngemil muffin

Cheers!
Jam 6 sore kita ada janji sama Farida, temen SMA kita yang lagi ambil S2 di Nanyang, jadi jam 5 kita cabut dan mencari-cari jalan ke MRT Bayfront, tempat janjian kita, baru kita ke Gardens By The Bay sama-sama. Kita jalan santai sambil tetep foto-foto, nyebrang lewat Helix Bridge dan mendekat ke Marina Bay Sands, duduk-duduk lagi di kolam teratai yang ada di depan entah mall apa. Baru lanjut nyari MRT Bayfront yang ternyata ada di lantai bawah mall itu.
Helix Bridge dan Marina Bay Sands
Mall di Singapura ini keren dah
Setelah menunggu sambil ndlosor di lantai dengan menyedihkan di stasiun MRT, Farida akhirnya datang juga. Kita jalan lagi ke Gardens by the Bay, hiks hari ini perasaan jalaaan mulu ya? Gpp Difa, sehat sehat! *menyemangati diri sendiri*

Supertrees dari kejauhan
Yak, sampailah kita di Gardens by the Bay! Taman super besar di tengah kota yang modern dengan supertreesnya, keren ya? Katanya supertrees ini bakalan jauh lebih cakep pas udah malem. Jadilah kita duduk-duduk sambil ngobrol, nunggu gelap. Tapi jam 7 Singapur ini masih terang aja, nggak gelap-gelap. Agak ketar ketir ni, soalnya paling lambat jam 9 kita harus udah nyampe MRT Bugis buat ngembaliin STP.
Sebenernya di Gardens by the bay ini kita nggak cuma bisa nongkrong di bawah supertrees, ada beberapa dome yang tampaknya menarik dikunjungi, flower dome sama cloud forest, masuknya bayar tapi ya. Sebenernya pengen masuk flower dome, penasaran bunga apa aja yang ada di dalem, tapi waktu sama sekali nggak memungkinkan. Jadi kita balik ke area supertrees yang ternyata udah menyala dengan kerennya.




Supertrees ini semacam juga ada pertunjukannya lho, jadi lampu-lampunya bisa berubah warna. Ya Allah, tempat ini kok bener-bener kereen? Gardens By The Bay waktu malam ternyata super menakjubkan, i love it.

Jam 8 tepat, kita meninggalkan Gardens By The Bay, Farida kembali ke kostnya, aku dan Nana balik ke hostel. Setengah sembilan kita sampai di MRT Bugis, ngembaliin STP, dan duit deposit yang $10 dikembaliin, alhamdulillah, duitku nambah. Oya, untuk STP kita bisa ngembaliin di MRT manapun yang ada ticket officenya, jadi meskipun aku beli STP di MRT Ang Mo Kio, tetep bisa dikembaliin di MRT Bugis. Dan jangan lupa perhatiin jam buka sama tutup tiap ticket office ya, beda-beda soalnya. Ticket office MRT Bugis tutup jam 9 malam, makanya kita buru-buru balik, hehe..

Beres urusan STP, kita naik lagi ke Bugis Junction buat nyari makan malem. Udah muter-muter lagi tapi tetep nggak nemu yang menarik, yaudah deh balik lagi makan di KFC dengan menu yang persis sama seperti sebelumnya. Setelah perut kenyang, aku masih penasaran sama gorengan Old Chang Kee, pas ke counternya ternyata udah abis-abisan, yaah. Jadilah aku cuma beli sosis ayam, setusuknya $ 1,6, haha, mahal juga ternyata, makanya belinya itu doang.

Dari Bugis Junction, kita jalan balik ke hostel. Meskipun udah malem, jalanan Singapur ini masih rame aja deh, jadi berani-berani aja meski udah jam 10 malem. Ke hostel niatnya mau ambil ransel sama numpang ke toilet kalo dibolehin, untung masnya yang jaga baik, jadi meski nggak mandi sore lumayan lah sempet sikat gigi sama cuci muka.

Today is the end of our journey in Singapore. Jam 23.30 kita balik naik bis ke KL. Sedih, liburan 3 hari ternyata singkat, sementara aku sudah mulai betah dengan kota yang teratur ini.

Tulisan trip ini juga akan berakhir di sini, meskipun judulnya “5 Days Escaping to Singapore – Kuala Lumpur”, nggak ada part ke 5 karena hari kelima hanya diisi dengan perjalanan balik ke kenyataan *halah*. Jam 4 pagi, bus sudah sampai di Terminal Puduraya, KL. Naik bis ternyata hanya butuh waktu 4,5 jam, beda dengan kereta yang 8 jam baru sampe. Dilanjut naik taksi ke KL Sentral, terus naik Aerobus ke LCCT, terus naik AirAsia kembali ke Balikpapan. And, welcome back to routinity!

This 5 days escaping will always stay in my heart. Enjoyable moment. Great experience. Unforgettable journey. I hope someday i will be back there, with more comfortable shoes, so i can walk any longer and more money of course :p.. bye! 

3 comments:

  1. hostel yang murah disana didaerah mana yah ?

    ReplyDelete
  2. siang mbak.:) klo Spoer-KL pake bus naiknya dimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dulu dari golden miles complex, baca postingan part 3 deh.. :)

      Delete