Tuesday, May 21, 2013

Akhirnya Dani Pedrosa Menang di MotoGP Le Mans 2013


Akhir pekan kemarin, MotoGP memasuki seri keempat di Sirkuit Le Mans, Perancis. Setelah tiga seri sebelumnya yang memunculkan pemenang berbeda, Lorenzo di Qatar, Marquez di Austin, dan Dani di Jerez, race Le Mans ini membuat orang menduga-duga, akankah ada pemenang keempat? Mungkin Valentino Rossi, atau Cal Crutchlow, atau mungkin dari kubu Ducati, Dovi atau Hayden?

Haha, tapi harapan mereka tak terwujud karena my Dani Pedrosa yang menang, yaay! Le Mans ini sirkuit klasik dan sudah bertahun-tahun menyelenggarakan race MotoGP, dan sejak Dani masuk di kelas utama MotoGP, Dani belum merasakan podium tertinggi di Le Mans sekalipun. Dani pernah menang di kelas 125 cc dan 250 cc, tapi itu sudah lama sekali. Selain faktor karakter sirkuit, faktor cuaca berpengaruh penting, Le Mans sering hujan dan relatif dingin.

Di hari pertama latihan, kondisi track kering dan tanpa hujan, Dani tercepat di FP1 dan FP2 (it’s a very good sign). Hari kedua, di FP3 dan FP4, Dani bukan yang tercepat sih, tapi masih oke lah. Kondisi track juga kering dan menurut ramalan cuaca hujan baru akan turun saat race besoknya. Naah, pas kualifikasi Dani jatoh, untungnya dia baik-baik aja, tapi waktu kualifikasi kan sempit dan tim perlu waktu buat nyiapin motor keduanya Dani. Jadi pas balik ke track, belom dapet putaran yang bagus udah habis aja waktunya, alhasil Dani start dari posisi 6. Pole position jadi milik Marquez, dan berturut-turut di belakangnya ada Lorenzo, Dovi, Crutchlow, Bradl, Dani, Bautista, Rossi, Bradley Smith, Hayden.

Race day. MotoGP jadi race terakhir setelah moto3 dan moto2. Race moto3, track masih kering, belum hujan. Race moto2, mulai hujan ni, banyak banget rider yang jatoh, sampai akhirnya red flag dan balapan dihentikan karena hujan deras. Race MotoGP, positif wet race!

Dani di grid start, bersama Umbrella Man-nya
Dani ada di depan Dovi, Lorenzo dan Rossi
Race start. Balapan 28 lap dalam kondisi basah. Dovi berhasil menyodok ke depan diikuti Lorenzo dan Dani Pedrosa, sementara Marquez yang start dari pole position turun ke posisi 8 karena start yang buruk. Soal start, Dani jago lah, jadi meskipun start dari posisi 6 tetep optimis bisa menang, buktinya udah ke posisi 3 aja. Masih di lap awal, Dani menyalip Lorenzo dan ada di posisi 2. Selanjutnya Dani mengincar Dovi dan sukses ambil alih posisi 1. Tapi nggak semudah itu, salip-salipan antara Dani dan Dovi ini seru, Dani sempat melebar, terus diovertake balik sama Dovi, tapi Dani bisa nyalip lagi. Belom kelar, di lap 12 Dani diovertake lagi sama Dovi tapi nggak lama Dani kembali ke posisi 1, dan setelahnya Dani berhasil membuat gap dan nggak disalip lagi sama Dovi.

Lalu apa yang terjadi di belakang? Lorenzo terpuruk ke posisi 7 setelah berturut-turut disalip rider lain, dan kembali turun ke posisi 8 setelah disalip Marquez. Rossi disalip Crutchlow untuk posisi 3, dan kemudian jatuh karena tekanan dari Hayden di belakangnya. Rossi masih bisa lanjut, tapi mentok di posisi 12. Bradl juga jatuh dan bisa lanjut race. Marquez? Awal balapan agaknya dia kesulitan dengan kondisi hujan, ini wet race pertamanya di MotoGP, makanya dia drop ke posisi 8. Tapi lama kelamaan Marquez mulai beradaptasi, apalagi hujan berhenti dan track mulai mengering, dia kembali fight ke depan. Sampai beberapa lap menjelang finish, dia udah ada di posisi 4 di belakang Dovi dan mulai menebar ancaman untuk posisi podium. Dan bener aja, Dovi berhasil disalip sama Marquez untuk posisi 3.

Yaaay, Dani menang di Le Mans!
I'm win! Thanks for your support, Difa.
Dikasih selamat sama Marquez
Checquered flag. Dani melintasi garis finish pertama (YAY!), diikuti Crutchlow, Marquez, Dovi, Hayden, Bautista, Lorenzo, Pirro, Smith, Bradl. Dengan menang lagi di Le Mans ini, Dani jadi pebalap pertama yang mengoleksi dua kemenangan berturut-turut, ihiiiy, congrats Dani! Dan Dani seneng banget akhirnya bisa menang di Le Mans, wet race lagi. Dani tampaknya sudah semakin jago dan punya good feeling di motornya, makanya mau race kering atau basah semua lawan bisa diatasi, hohoo, semoga seterusnya Dani menang, amiiin. Oya, dengan kemenangan kedua ini, Dani ada di posisi teratas klasemen dengan 83 poin diikuti Marquez (77) dan Lorenzo (67).  

Podium MotoGP Le Mans
Untuk pertama kalinya Lorenzo nggak podium, dan memang itu yang kuharapkan sih. Jadi sebelum race aku pengen Dani ada di podium pertama, terus podium 2 dan 3 terserah deh, kalo bisa sih bukan Lorenzo atau Marquez. Yang Lorenzo sih kejadian, tapi Marquez masih naik podium ternyata, itu anak kekeuh banget. Meskipun sebenarnya aku berharap podiumnya Dani, Crutchlow, Dovi, tapi sudahlah ya..

Sampai ketemu 2 minggu lagi di Mugello! Semoga Dani bisa hattrick, amiiiiiinn..

Pic Spam..
Om Shuhei Nakamoto happy banget
Gantengnyaa..
Pose dulu di Parc Ferme
Menghayati lagu kebangsaan
His very happy face
Mak, lagi garuk telinga aja ganteng!
Yay, i'm win!
Champagne timeee!!
Happy me with Mike Leitner on the podium


No comments:

Post a Comment