Tuesday, June 4, 2013

MotoGP Mugello,Italia 2013


Sejujurnya, race di Mugello kemarin aku cuma kebagian 3 lap terakhir, pas Marquez udah jatuh, jadi Dani balik ke posisi 2 di belakang Lorenzo dan semakin didekati Crutchlow yang ada di posisi 3. Sampai akhirnya finish posisi nggak berubah, Lorenzo, Dani, Crutchlow. Pas re run kemarin juga kurang beruntung, pas pagi cuma kebagian nonton lap pertama yang Dani selepas start sebenernya masih di posisi pertama, tapi langsung disalip Lorenzo di tikungan ketiga lap pertama, dan Marquez yang naik ke posisi 3 setelah start dari posisi 6 sama Rossi yang terpaksa out karena terlibat insiden dengan Bautista. Pas re run siang, cuma kebagian 6 lap terakhir, waktu Lorenzo bahkan asap knalpotnya nggak keliatan karena gap udah lumayan jauh, dan Dani harus mempertahankan posisi keduanya dari gempuran Marquez. Lima lap menjelang finish, akhirnya Marquez berhasil menyalip Dani dan mulai membuat gap, tapi nggak lama, karena dua lap berikutnya Marquez tau-tau jatuh di tikungan tempat dia nyalip Dani tadi.

Jadi, dari balapan 23 lap, aku cuma bisa nonton 1 lap awal dan 6 lap akhir, tapi rasanya nggak rugi-rugi amat. Udah tau ceritanya ini. Dani sebenernya nempel ketat Lorenzo sampe lap 13, tapi RC213Vnya lack of grip, jadi setelah itu Lorenzo semakin menjauh. Yah, YZRM1 Lorenzo kali ini lebih strong, keliatan dari awal weekend, lap time Lorenzo jauh lebih  stabil dari lap time Dani. Tapi kejutan terjadi di sesi kualifikasi, di putaran pertama Q2, Lorenzo udah sangat cepat dan semakin mempertajam catatan waktunya sampai melewati rekor pole position di Mugello yang dipegang Dani Pedrosa di tahun 2012. Eh ternyata, di putaran terakhirnya Dani yang dapat pole position dan rekor pole balik lagi jadi milik Dani, haha, Lorenzo kaget karena dia merasa kalo dia yang bakalan dapat pole. Di kualifikasi kemarin, Dani sempet agak bete sama pembalap lain yang memanfaatkan slip streaming, salah satunya sama Andrea Dovizioso. Jadi, slip streaming ini pembalap memanfaatkan efek aerodinamika pembalap yang ada di depannya biar dapet lap time yang bagus. Makanya Dani keliatan kesel di lintasan karena pembalap-pembalap di belakangnya pada nggak usaha sendiri dan nggak pada duluan. Tapi untunglah Dani berhasil di putaran terakhirnya, dapet pole position pertamanya musim ini, sekaligus memecahkan rekor miliknya di Mugello dengan catatan waktu 1’47.157. jadi menurutku malah seruan pas kualifikasi daripada balapnya, lebih drama, haha.

Tapi apa racenya beneran nggak drama? Drama juga sih, Rossi jatuh di lap 1, padahal ini balapan kandangnya dan dia berharap bisa finish di podium. Rossi terakhir kali menang di Mugello tahun 2008, dan mumpung dia udah balik ke Yamaha dia berharap bisa dapet hasil bagus, eh malah jatoh, pas balapan baru mulai lagi. Marquez lebih nggak beruntung lagi. Sepanjang weekend, Marquez jatoh 4 kali, di FP 1, FP2, FP3, sama terakhir di balapan. Yang parah waktu jatuh di FP2, Marquez celaka saat kecepatan motornya 300 km/jam lebih, ngeriiii, untungnya Marquez nggak cedera parah, selain dagunya yang bengkak dan cedera bahu, nggak ada patah tulang. Marquez ini nyalinya beneran gede, dia balap dengan dagu yang masih bengkak dan diperban, dengan kondisi yang jelas nggak 100% pun dia masih kompetitif. Selepas start, dia langsung naik ke posisi 3 dan menempel ketat Dani yang ada di posisi 2 hampir sepanjang balapan, sampai akhirnya dia bisa nyalip Dani. Eh, tapi nggak lama tau-tau jatoh sendiri, Marquez pun nggak tau kenapa bisa jatoh, jadi DNF deh.

Dengan tambahan 20 poin, Dani masih ada di puncak klasemen dengan 103 poin. Lorenzo naik ke posisi 2 menggeser Marquez yang gagal finis dengan selisih 12 poin dari Dani. Semoga Dani tetap di puncak klasemen sampai akhir musim dan jadi juara dunia, amiiiiin, FIGHTING AYAANG, YOU CAN DO IT!! :p

And, i will give you a lot of my handsome Dani, enjoy! :D

I'm ready for press conference
During the press conference
Diajak nggosip sama Lorenzo
Rossi nggosipin apa ya kok Dani ketawa?
Relaks duluu...
Discussing his RC213V with Mike Leitner
Yay, dapet pole position pertama musim ini
Sempet kesel pas kualifikasi, tapi terus baikan sama Dovi
Pemilik 3 posisi start terdepan MotoGP Mugello
I'm fastest man ever at Mugello
Starting grid race
Duel ketat sama Marquez
Parc Ferme MotoGP Mugello
My trophy for second place
Champagne timeee!!


No comments:

Post a Comment