Monday, July 22, 2013

Dani Pedrosa Finish Kelima di Laguna Seca


Start dari posisi ketujuh di race MotoGP Laguna Seca, Dani Pedrosa berhasil finish di posisi kelima. Bahkan mungkin bukan podium, tapi ini hasil terbaik yang bisa diraih Dani dengan kondisi fisiknya pasca cedera tulang selangka kiri di Sachsenring minggu kemarin. Komentar Dani pasca race, “It’s been a hard weekend. The race was long and difficult. I had to ride smoothly, I had a bad time. I was able to pick up 11 points which is better than 0. I’d like to thank everyone for their support this weekend”


Minggu yang berat memang buat Dani, kesempatan untuk recovering nggak sampai 1 minggu. Dani mengalami crash hebat di FP3 hari Sabtu di Sachsenring, hari minggu saat race Dani memutuskan untuk nggak ikut karena pusing dan tekanan darahnya turun dan kembali ke Barcelona. Kondisi yang membaik memungkinkan Dani ikut serta di race Laguna Seca yang cuma berjarak seminggu setelah Sachsenring. Awalnya Dani berencana berangkat ke Laguna hari Rabu,tapi kemudian ditunda sehari untuk mendapatkan ekstra 1 hari perawatan untuk bahunya di Barcelona. Hari Kamis Dani berangkat ke Laguna (dan saat itu untuk pertama kalinya Dani ngetwit, aak!). Kabarnya sih harusnya Dani berpartisipasi di press conference MotoGP yang biasanya diadakan hari Kamis, tapi karena Kamis baru berangkat, jadi Dani nggak ikut press conference (padahal kan beda waktu spanyol sama california lumayan, menurutku sih ngejar aja, tapi mungkin biar istirahat).



Hari Jum’at, Dani harus melalui medical check terlebih dahulu untuk memutuskan apa Dani cukup fit untuk race. Untungnya lolos. Tapi Dani melewatkan FP1 biar bahunya tak mengalami banyak tekanan (dan kabarnya karena Laguna Seca di pagi hari dingin dan berkabut, agak kurang cocok dengan karakter Honda). Sesi FP2 siangnya, Dani baru turun dan kondisi bahunya menyulitkan dia untuk mencatatkan waktu terbaik, Dani cuma ada di urutan ke 11. Bukan hasil yang bagus untuk langsung lanjut ke QP2, mau nggak mau Dani harus melewati QP1 terlebih dulu.



Hari Sabtu, Dani juga melewatkan sesi pagi FP3 untuk lebih banyak beristirahat dan mengumpulkan kembali energinya. Dani berkonsentrasi untuk FP4 dan sesi kualifikasinya. Sepertinya pilihan Dani untuk skip FP1 dan FP3 tepat, karena di FP4 Dani berhasil mencatatkan waktu terbaik keempat. Dan saat QP1 Dani mencatatkan waktu terbaik pertama dan lolos ke QP2 bersama Randy de Puniet. Saat QP2, catatan waktu Dani sudah lebih baik, tapi karena pembalap lain pada jauh lebih baik, Dani akhirnya start di posisi 7, 1 grid di belakang Lorenzo yang juga cidera seperti dirinya. Dani cukup happy dengan hasil kualifikasi, karena sudah mencatatkan waktu yang lebih baik dari kemarin.



Hari minggu, saat warm up race, Dani hanya mampu mencatatkan waktu ke 11. Ah, kabarnya Dani harus suntik painkiller dulu sebelum race, mengingat race di Laguna Seca ini panjang (32 lap) dan technical sekali. Race start, nggak sebriliant biasanya saat Dani start dari grid belakang, Dani cuma naik 1 posisi ke posisi 6, di belakang Lorenzo. Tapii dong Dani tetep keren, dia berhasil menempel ketat dan nyalip Lorenzo untuk posisi ke 5. Sebenarnya Dani punya kesempatan untuk bertarung mendapatkan podium dengan Rossi dan Bautista, tapi apa daya fisik tak mampu. Dan akhirnya Dani finish di posisi ke 5, great job my hero! He must be suffering in pain. Waktu kembali ke pitbox, Dani disambut timnya dengan meriah, tapi Dani tampak kesakitan, turun dari motornya aja kayak susah gitu, hiks.




Overall, Dani kereeen! I’m satisfied with the result. Semoga 3 minggu summer break bisa memulihkan kondisi Dani sepenuhnya dan Dani kembali ke Indy dengan fisik prima. Pokoknya Dani, semangat! Jangan biarkan si Marquez itu jadi juara dunia di tahun pertamanya. This year is yours, you deserve it, and absolutely you can do it. You only need to prove it to yourself, right? We’ll always behind you, supporting you and cheering you, FIGHTIIIING Champeon! Gasss!




No comments:

Post a Comment