Friday, May 30, 2014

Smart Umrah 1435 H: Balikpapan – Jakarta – Abu Dhabi – Jeddah

Perjalanan panjang yang tiba juga setelah lama dinanti dengan deg-degan akhirnya dimulai. Jum’at, 2 Mei 2014, dengan langit fajar yang subhanallah cantik sekali, aku dan mama berangkat ke Balikpapan. Perjalanan pertama, Samarinda – Balikpapan, yang ditempuh selama 3 jam. Dan ini untuk pertama kalinya aku menginjakkan kaki di Bandara Sepinggan yang baru, yang ya ampuun keren sekali ternyata. Luas bangeeeet dan sudah ada garbaratanya. Tadinya mau nunggu boarding sambil duduk-duduk di lounge Blue Sky, tapi apa daya ternyata kartu debet yang mau dipake belom siap di bandara baru. Padahal loungenya ada di gate 10, sementara pesawat ke Jakartanya di gate 2 apa 3 gitu lupa, jadi yang ada kita malah muterin itu gate dari ujung ke ujung, haha. Tapi gpp sih, nunggu di gate biasa malah jadi puas take a look bandara baru yang emang cakep.

Sekitar jam setengah 11, GA565 sudah boarding dan siap terbang ke Cengkareng. Papa yang berangkat dari Jogja udah terbang duluan ke Jakarta, selisih setengah jam kira-kira. Dalam dua jam, pesawat sudah mendarat, nunggu Papa selesai jum’atan sebentar, terus habis itu kita meluncur ke K-Link tower. Dan belom juga keluar area bandara udah kena macet nyaris nggak gerak, haha, sambutan yang Jakarta banget! Ternyata ada kecelakaan tunggal truk pengangkut air mineral, tapi lepas dari situ jalanan alhamdulillah lancaar. Setelah dipikir-pikir, aku terakhir ke Jakarta tahun 2010, 4 tahun yang lalu, lumayan lama ya..

Jakarta sore hari, pemandangan selesai manasik di K-Link tower
Di K-Link tower, waktu yang lain udah pada siap manasik, kita masih rempong ngurus bawaan. Mindah-mindah barang dari koper besar ke koper kabin seragam dari K-Link, dan ngumpul koper besarnya. Setelah sholat, barulah ikutan manasik plus penjelasan itinerary selama di sana. Beres manasik, langsung deh meluncur ke hotel Sofyan buat istirahat dulu, berangkatnya kan baru Sabtu malem.

Sabtunya, kita santai-santai dulu di hotel sampe waktu check out. Jam 1 udah waktunya check out, sementara ngumpul di K-Link towernya baru ntar jam setengah 10 malem. Jadi deh kita jalan-jalan dulu ke Plaza Semanggi setelah bawaan dititip dulu di kantor satpam di K-Link tower. Berhubung mall dimana-mana sama aja, jadi di sana cuma muter-muter geje terus makan siang sekaligus malem sambil nunggu agak maleman. Kira-kira habis maghrib kita baru deh balik ke K-Link tower, sholat sekaligus nunggu di mushollanya. Lumayan kan bisa sambil nge-charge hp. Dan ternyata di musholla juga ada beberapa anggota rombongan yang juga nunggu sambil tidur, huehehe..

Jam setengah 10, kita turun ke lobby dan ternyata udah langsung disuruh masuk ke bis. Nunggu lagi sih, soalnya jam 11 baru berangkat ke Soekarno Hatta Airport. Hohohoo, ini mulai menegangkan! My journey has begin. Di bis, paspor yang tadinya dikumpul dikembalikan beserta tiket pesawat Jakarta – Abu Dhabi, Abu Dhabi – Jeddah. Megangnya aja deg-degan, hehee. Setelah masuk bandara yang sepi, maklum lah udah tengah malam dan antri beberapa kali, nunggu bentar di ruang tunggu, nggak lama udah dipanggil masuk ke pesawat. Ohohoo, akhirnyaa aku naik pesawat berbadan besar!

Kita naik Etihad Airways EY471 jam 01.45 dan menurut jadwal akan tiba di Abu Dhabi jam 06.45 waktu setempat, kira-kira 8 jam perjalanan. Ini penerbangan panjang pertamaku dan aku excited sekali! Tapi ya, 8 jam di pesawat ternyata bikin bingung mau ngapain. Udah ngepack buku buat dibaca, tapi berhubung flightnya malem dikeluarin dari tas juga nggak, huehehe. Jadilah, tidur bangun, tidur lagi. Oh ya, meskipun flightnya panjang, ternyata kita cuma dapet sekali snack time dan sekali meal time, kirain bakalan makan terus di pesawat. Mungkin karena Etihad itungan tiketnya lebih murah kali ya? *sotoy*

Setelah balik kanan kiri di kursi sepanjang malam, akhirnya kira-kira jam 7 pagi pesawat mendarat juga di bandara internasional Abu Dhabi. Transit yang lumayan panjang, karena flight ke Jeddah baru jam setengah 2 nanti. Dan karena ini Abu Dhabi, bukan Dubai yang bandaranya keren kayak mall (katanya), jadilah kita nunggu di deket gatenya aja. Itu juga kursinya pada penuh, jadi sempet ngglosor juga di lantai. Untungnya bandara ini free wifi dan kenceng, jadi nunggu 6 jam mah juga gak papa deh. Sempet ke foodcourt bentar nyari minum, sama lirik-lirik Burger King yang ada di pojokan. Pengen belii, tapi takut mahal, dan nggak bawa duit juga sih, real belom nuker, apalagi dollar, haha.

Selesai sholat dzuhur dijamak ashar, kita dapet kabar kalo pesawatnya delay 1 jam. Hahaha, makin terlantar deh kita. Tapi untunglah ada kompensasi nunggu, lumayan dapat chicken burgernya McD sama air mineral 1 botol. Ada bapak-bapak peserta rombongan yang ngomel gara-gara udah pake transit, lama lagi. Kalo aku sih delay itu udah resiko perjalanan, dibawa enjoy aja. Umrah tahun-tahun sebelumnya sih katanya flightnya langsung ke Jeddah, tapi tahun ini dengan rate segitu nggak dapet kalo mau flight langsung, jadi ya harap dimaklumi aja.

Nggak lama setelah kelar makan, kita udah dipanggil masuk gate. Antri masuk gate, cek tiket, nunggu bentar, terus antri lagi masuk pesawat. Dan di pesawat dapet kursi di sebelah jendela lagi, asiik, aku penasaran siapa tau sirkuit F1, Abu Dhabi International Circuit, keliatan dari atas. Dan bener aja, belom lama mengudara, beneraaan sirkuitnya keliatan! Tapi kamera belum siap dan kudu rempong nyari dulu, jadi nggak sempurna deh menangkap momennya. Lumayan lah tapi, sirkuitnya keliatan dikit. Huehehee, liat sirkuitnya dari atas gini aja udah seneng banget! :’)

Penerbangan Abu Dhabi – Jeddah, masih dengan Etihad Airways (EY 311), cuma 3 jam kira-kira. Pas hari masih sore, kita sudah mendarat di bandara Jeddah yang luar biasa besar. Cuma karena nggak pake garbarata saking gedenya itu bandara, lumayan deh sore-sore ngotong koper turun pesawat. Lumayan deg-degan sama proses imigrasi di sini, tapi ternyata gampang dan cepet banget. Khusus yang putri tapi yaa, yang bapak-bapak sebaliknya, lama banget. Kita udah duduk manis di bis aja nunggunya masih lama.

Dari terang sampe gelap kita masih di tempat yang sama
Pas udah mau gelap, baru deh mulai berdatangan bapak-bapaknya. Setelah makan malam di bis, sekitar jam 8 malem baru bis mulai bergerak ke Madinah. Perjalanan kira-kira 4 jam. Jadi kalo ditotal mulai berangkat dari Jakarta, yes totally ini perjalanan panjang. Perjalanan panjang menuju incredible journey.

Bismillah, sebentar lagi kita akan sampai ke kota Nabi, Madinah Al Munawaroh. Sampai ketemu di sana!