Saturday, November 8, 2014

Sepang Trip 2014: A Glimpse of KLIA2 and KL Sentral

Yak, hari yang ditunggu-tunggu akhirnya datang juga, Rabu, 22 Oktober! Finally i’m starting my journey to meet him. Rabu pagi jam setengah 7 aku sudah berangkat dari rumah ke pool Kangaroo, travel yang biasa kupake kalo berangkat ke bandara Balikpapan sendirian. Niatnya pengen naik yang jam 7 persis seperti tahun lalu pas terbang ke KL juga, tapi pas sampe sana sudah telat untuk keberangkatan jam 7. Dan sayangnya yang keberangkatan 7.10 mobilnya baru diservis, jadi terpaksalah naik yang jam 7.30. Masih aman sih nyampenya, estimasi perjalanan Samarinda – Balikpapan 3 jam, dan flightku boarding jam 11.20. Yaah, palingan jadi nggak bisa nongkrong di lounge dulu.


Perjalanan ke Balikpapan alhamdulillah lancar, dan kira-kira jam 10.30 aku udah sampe bandara. Karena udah web check in sebelumnya, jadi tinggal bayar airport tax Rp 200.000,- (iyaa, ini mahal banget) dan masuk ke ruang tunggu. Oh ya, kalau naik AirAsia mending web check in dulu sebelumnya, simpel dan menghemat waktu. Meskipun antrian di AirAsia relatif sepi apalagi dibandingkan Lion, jaga-jaga aja kalau ternyata sampainya mepet.


Ruang tunggu domestik dan internasional di Sepinggan pintu masuknya sama. Gate 1 dan 2 untuk penerbangan internasional, sementara gate 3 sampai 10 untuk domestik, dipisahkan bagian imigrasi di antara gate 2 dan 3. Dan akhirnya aku lewat imigrasi bandara Sepinggan yang baru jugaa, duh terharu. Kemaren-kemaren kan cuma bisa motoin aja sambil berharap-harap cemas, Oktober berhasil lewat sini nggak ya? Alhamdulillah kesampaian.

Sebenernya pengen masuk lounge dulu buat isi perut sebelum terbang, tapi udah terlanjur lewat imigrasi dan masuk ruang tunggu. Mepet juga sih, apalagi loungenya di gate 10, dari ujung ke ujung. Jadi ya sudahlah aku menunggu di gate aja. Btw, perasaan aku nggak ke Sepinggan cuma 2 bulan, tapi kok ni bandara makin lama makin bagus yak? Di ruang tunggu aja udah ada dispenser air minum. Lumayan kan buat refill :p

Siap bosan karena terbang sendirian..
Pesawat boarding tepat waktu jadi nunggunya nggak lama. Ini penerbangan ketigaku dengan AirAsia, dan alamat mati bosan lagi di pesawat, soalnya nggak pesen makan, hahaa. Pesawat nggak terlalu penuh waktu itu, mungkin karena flightnya sekarang udah jadi tiap hari ya? Penerbangan ke KL kira-kira 2,5 jam. Begitu pesawat take off aku terus tidur, soalnya gara-gara packing nggak kelar-kelar tidurku baru sebentar. Tapi tidurnya juga nggak bisa lama, habis kebangun terus nggak bisa tidur lagi. Jadilah akhirnya terus coret-coret itinerary selama trip nanti sekalian ngapalin rute ke hostel nanti.

Kira-kira jam 2.30, pesawat mendarat dengan mulus di KLIA2. Ini pengalaman pertamaku turun di KLIA2 dan sendirian. Waktu ke Malaysia tahun kemarin kan turunnya masih di LCCT dan ada barengannya, jadi ini agak deg-degan takut nyasar, hahaa. Dari browsing-browsing sebelum berangkat, kabarnya bandara ini luas sekali, jadi jarak antara gate ke imigrasi, imigrasi ke luar bandara itu jauuuh. Jadi aku sudah menyiapkan mental untuk jalan jauh, haha.

Dan ternyataa, nggak sejauh yang kubayangkan. Pesawat mendarat di gate K (entah K berapa, lupa), dan jarak ke imigrasi menurutku wajar untuk ukuran bandara internasional, mirip-mirip lah kayak pas turun di Abu Dhabi dulu. Aku nggak ngitungin waktunya, tapi nggak jauh-jauh amat kok. Tapi mungkin tergantung pesawatnya parkir di gate mana, huehehe.

Proses imigrasi alhamdulillah berjalan lancar, dan begitu keluar imigrasi, tadaa.. kita langsung disambut toko bir. Hahaa, gimana gitu rasanya lewat di antara botol-botol bir. Lolos dari toko bir, silahkan ambil bagasi atau yang nggak pakai bagasi macam saya ini bisa langsung keluar. Papan petunjuk di bandara baru ini amat sangat jelas. Meski baru pertama kali menginjakkan kaki di sana dijamin nggak bakal bingung. Tapi aku nggak langsung keluar, cari mushola dulu buat sholat dzuhur dijamak ashar.

Arrival hall KLIA2
Selesai sholat baru keluar arrival hall, dan kali ini langsung disambut mall. Haha, upgrade bangeet dari LCCT kemaren. Banyak yang bilang LCCT nggak layak meski aku sih biasa-biasa aja, dan terus dapet KLIA2 yang cakep meski buat low budget airlines ini rasanya takjub-takjub gimana gitu. Bandaranya enak dan super dingin! Yang jelas aku bersyukur pas balik lagi ke KL udah nggak turun di LCCT lagi :p

Gambar nemu di google, hehe
Oh ya, KLIA2 ini ada 3 level. Kedatangan ada di level 2. Keberangkatan level 3. Dan level 1 untuk moda transportasi umum semacam bis dan taksi. Kalau mau ke kota, daripada naik taksi mending naik bis ke KL Sentral karena jauh lebih ekonomis. Bisnya macem-macem, tinggal pilih mau yang mana, tapi biasanya sih aku naik Aerobus. Perjalanan begitu keluar dari arrival hall ke level 1 untuk naik bis sama sekali nggak membingungkan karena itu tadi, papan petunjuknya jelas banget. Dan menurutku sih nggak begitu jauh, nggak tau kalo menurut orang lain, haha. Sekedar gambaran, pesawatku mendarat hampir jam setengah 3, dan aku dapet bis yang jam 3, padahal udah sholat dulu segala. Nggak lama berarti nggak jauh kaan?

Counter busnya *foto juga nemu di google*
Begitu sampai level 1, kita beli tiket bisnya dulu di counter. Counter Aerobus ada di paling ujung, harganya RM 10 ke KL Sentral. Tiket udah di tangan, tinggal keluar dan naik ke bis yang udah nunggu. Bis udah lumayan penuh, jadi nggak lama terus jalan meninggalkan KLIA2. Perjalanan ke kota kira-kira 1 jam, kalau di kota nggak macet tapi ya.


Sendirian di bis ke KL Sentral bikin kangen Nana deh, teman tripku tahun lalu. Tahun lalu kan ngebisnya bareng dia, nah ini sendirian, huhu. Mana cuaca sepanjang perjalanan ikutan galau lagi. Pas bis baru jalan masih cerah ceria. Kesana lagi mulai mendung, terus tau-tau hujan lebat. Lumayan lama ujannya, enak buat ngelamun memandang hujan. Maklum, Samarinda udah lama nggak hujan sama sekali. Hujan lebat tadi berangsur-angsur reda dan udah reda sama sekali waktu sampai juga di KL Sentral. Perjalanan kayaknya lebih dari 1 jam, soalnya hampir setengah 5 baru sampe.

Begitu sampe KL Sentral rasanya udah kayak sampe rumah sendiri. Haha, gaya banget yak? Tapi ya begitulah, masih sama aja dia kayak tahun lalu, nggak berubah. Hostel yang kubooking, POD’s Backpacker Home, lokasinya deket KL Sentral. Sengaja sih milih deket KL Sentral, biar kalo mau balik ke bandara lagi nggak repot dan tinggal jalan kaki.

KL Sentral ini pusat transportasinya Kuala Lumpur. Mau naik LRT, monorail, KTM, KLIA ekspress, bis ke KLIA2, semua dalam 1 tempat. RapidKL yang jadi salah satu pilihan transport ke Sepang International Circuit salah satunya juga naiknya dari KL Sentral. Nggak heran kalau KL Sentral jadi super rame, apalagi pas jam pulang kerja.

Nggak berlama-lama nostalgia di KL Sentral, aku langsung menuju ke hostel. Menurut petunjuk yang tadi kupelajari di pesawat, aku naik dulu ke Nu Sentral Mall, baru jalan ke arah monorail. Sebelum jalan sebenernya udah lirik-lirik Burger King, tapi lirik punya lirik kok kayaknya nggak ada promo kayak dulu yang aku beli, RM 6 udah dapet whopper, french fries, sama cola. Karena tampaknya nggak ada promo, aku terus naik ke Nu Sentral.

Di Nu Sentral aku ngikutin aja papan petunjuk ke arah monorail. Begitu sampai monorail aku malah bingung ini harus jalan kemana lagi. Jadi aku berbalik arah dan malah nemu Burger King lagi di pojokan. Merasa sudah takdirnya aku harus mampir BK dulu *halah*, aku pun memutuskan makan dulu sambil liat-liat petanya lagi.

Whopper Jr!!
So, Burger King Nu Sentral jadi my first stop di KL. Kesampaian juga makan Whopper. Paket yang sama dengan yang kubeli tahun lalu di KL Sentral ternyata udah naik jadi RM 8,43. Hahaa, gpp lah ya jarang-jarang makan BK ini. Sarapan sekaligus makan siang sekaligus makan malam, haha, karena aku berencana ngendon di hostel aja begitu sampe nanti. Tapi entah kenapa whoppernya enak yang kumakan tahun lalu, apa karena lebih murah? :p

Karena waktu itu bahkan belum jam 5 sore, aku makannya santai aja. Sambil mengamati sekitar, like i usually do. Saat itu ada sekeluarga yang tampaknya lagi liburan dari Indonesia juga lagi bingung pilih menu. Aku lihatnya langsung yang, kapan ya giliran aku sekeluarga liburan keluar negeri bareng? Terus mikirnya, wait, nanti mama harus bawa duit berapa kalo perginya rombongan gitu? Hahaa.

Kelar makan, lanjut jalan ke hostel yang emang udah deket. Tinggal turun lewat eskalator dekat monorail KL Sentral, belok kiri, jalan dikit, terus di seberang sana udah keliatan deh plang warna ijo tulisannya POD’s Backpacker Home. Semalamnya RM 35 untuk 1 bed di female dorm, dengan deposit RM 20. Kenapa lagi-lagi aku milih hostel bukannya hotel? Karena selain lebih murah untuk ditinggali sendiri, to be honest sepertinya aku takut tidur sendirian di kamar hotel, haha.

Kamar hostelnya
Mengingat ini hostel, aku nggak pernah berekspektasi banyak. Yang penting bisa buat tidur, wifi bisa diandalkan, sama dapet sarapan. Enaknya, hostel itu bisa dianggap rumah sendiri, bisa mondar mandir sesuka kita. Nggak enaknya, telen aja dah, namanya juga udah lowering expectation. So, i’m just gonna sleep on this remaining day. See you tomorrow!



Next part:
Sepang Trip 2014: Twin Tower and A Scary Night

No comments:

Post a Comment